Friday, September 11, 2015

RUKUN ISLAM ADA 5 SEDANGKAN RUKUN IMAN ADA 2





Rukun Islam ada 5 sedangkan Rukun Iman ada 2

Rukun Islam dan Rukun Iman merupakan dua buah rukun yang mempunyai peranan yang sangat-sangatlah penting dalam kehidupan seorang muslim,dan wajib diketahui,diyakini dan diamalkan.

rukun islam ada 5, yaitu :

1. Mengucapkan dua kalimah syahadat.

2. Mendirikan Shalat 5 waktu sehari semalam

3. Puasa pada bulan Ramadhan

4. Membayar Zakat

5. Menunaikan ibadah haji jikalau mampu

Rukun Iman ada 2,yaitu :

1. Rukun Iman Mujmal (kumpul)

Rukun Iman Mujmal yaitu rukun iman secara terkumpul atau secara garis besar dalam 2 buah pernyataan keimanan yaitu :

a). A man tubillah wabima kolallah (percaya aku akan Allah dan apa yang difirmankannya)

b). A man tubirrasul wabima kolarrasul (percaya aku akan Rasulullah dan apa yang di sabdakannya).

2. Rukun Iman Mufasol (terperinci)
adalah rukun iman secara terperinci dalam 6 buah pernyataan keimanan yaitu :

a).Percaya aku akan Allah

b).Percaya aku akan malaikat-malaikatNYA

c).Percaya aku akan sekalian Rasul-RasulNYA

d).Percaya aku akan kitab-kitabNYA

e).Percaya aku akan hari kiamat

f).Percaya aku akan untung baik dan buruk dari Allah SWT semata

demikianlah yang dapat saya sampaikan pada postingan pertama ini.

Wassalam.

No comments:

Post a Comment